Jumat, 24 Oktober 2008

Electronic Data Interchange

Electronic Data Interchange

Definisi
EDI adalah sebuah protokol komunikasi yang digunakan secara otomatis untuk pertukaran informasi bisnis secara elektronik antara perusahaan yang berbeda (B2B communication)
EDI pertama kali diluncurkan oleh kelompok kerja industri transportasi yang disebut TDCC (Transportation Data Coordinating Committee) pada tahun 1975, walau EDI pertama kali digunakan oleh industri ini akan tetapi penggunaannya cepat menyebar ke industri lainnya.

Tujuan

Tujuan EDI adalah untuk mengurangi transaksi secara pertemuan intensif para buruh dalam hal bisnis yang kompleks , seperti pekerjaan tulis menulis yang menghabiskan waktu mereka

Sekarang ini, banyak sekali perusahaan yang menggunakan prinsip pendekatan koneksi dengan EDI. Contohnya adalah Sterling Commerce (www.sterlingcommerce.com) yang melayani informasi perantara mengenai uang sterling.

Dengan banyaknya berbagai jenis perusahaan yang menggunakan EDI, mengakibatkan EDI sulit untuk dibuang dan diganti dengan teknologi yang baru. Kendati demikian adanya teknologi baru tidak akan ditolak di dunia industri. Dengan kurunnya waktu, maka penggunaan metode EDI ini akan bergeser dari satu titik ke titik yang lain, akan tetapi metode ini tidak akan mudah lenyap.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kok belum ada yg komen yah udah gw duluan..menurut gw EDI sgt berguna krena dgn kemajuan zaman kita sgt membutuhkan transaksi yg cepat dan efisien dgn EDI itu semua dpt terlaksana...