Selasa, 09 Desember 2008

CRM

CRM didefinisikan sebagai integrasi dari strategi penjualan, pemasaran, dan pelayanan yang terkoordinasi, CRM menyimpan informasi pelanggan dan merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut. CRM mendukung suatu perusahaan untuk menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara real time dengan menjalin hubungan dengan tiap pelanggan yang berharga melalui penggunaan informasi tentang pelanggan. Berdasarkan apa yang diketahui dari pelanggan, perusahaan dapat membuat variasi penawaran, pelayanan, program, pesan, dan media.

Banyak Perusahaan mempunyai strategi CRM dengan membentuk sales tambahan dari pelanggan tertentu. Best-Practice perusahaan melakukan strategi yang memusatkan pada enablers menyangkut hubungan end-customer baik dalam proses, teknologi dan orang-orangnya.
Contoh:
Proses : diferensiasi berdasarkan kelas pelanggan
Teknologi : Pengembangan tunggal dimana pelanggan dapat melihat secara real time.
People: Membuat kemampuan melayani sendiri terhadap pekerja untuk lebih mengontrol karir mereka , perkembangan karir mereka atas apa yang telah mereka pelajari.

2 komentar:

manda pratomo mengatakan...

mpo..crm lw perusahaan mana??

Iman Radito mengatakan...

Mpok...

wuihuu
CRM canggih...